Singkatan KPPS dan Honor KPPS

Singkatan KPPS dan Honor KPPS. KPPS merupakan sebuah kelompok yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pemilu. KPPS bertugas di TPS-TPS dalam rangka Mensukseskan Pemilu. Untuk honor KPPS sudah diatur oleh Kementerian Keuangan.

Singkatan KPPS

KPPS adalah sebuah singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. KPPS ini merupakan ujung tombak dari pemilu yang akan diadakan sebentar lagi. Sukses tidaknya pelaksaan pemilu sebenarnya tergantung dari sukses tidaknya KPPS dalam menjalankan tugasnya.

KPPS ini beranggotakan sebanyak 9 orang dengan rincian, Ketua KPPS sebanyak 1 orang, Anggota KPPS sebanyak 6 orang dan Petugas Keamanan atau Linmas sebanyak 2 orang.

Sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan Pemilu dan juga sebagai penentu keberhasilan sebuah hajatan besar ini, maka sudah seharusnya diiringi dengan Honor KPPS yang memadai. Jangan sampai besaran honor KPPS ini tidak sesuai dengan beban kerja dan tanggungjawab yang harus mereka tanggung.

Terkait dengan besaran Honor yang akan diterima oleh Anggota KPPS dapat dirincikan sebagai berikut:

1. Ketua KPPS mendapatkan Honor sebesar Rp. 550.000,-
2. Anggota KPPS mendapatkan Honor sebesar Rp. 500.000,-
3. Petugas Keamanan atau Linmas mendapatkan Honor sebesar Rp. 400.000,-

Untuk pelaksanaan Pemilu pada tanggal 17 April 2019, rekruitmen anggota KPPS akan dimulai dari tanggal 28 Pebruari 2019 sampai dengan 27 Maret 2018.

Mereka akan bertugas pada tanggal 17 April 2019 yaitu pada saat pemilihan umum, yaitu dari proses pencoblosan, sampai dengan selesainya perhitungan hasil suara di TPS.

Beban yang harus ditanggung KPPS dalam pemilu kali ini sangatlah besar. Hal ini disebabkan karena adanya penggabungan antara Pemilu Legislatif dengan Pemilihan Presiden. Tiap satu TPS akan ada 5 buah kotak suara yaitu kotak suara untuk DPRD kabupaten/kota, 1 kotak suara untuk DPRD Propinsi, 1 Kotak Suara DPR RI, satu Kotak suara untuk DPD RI dan satu kotaknya lagi untuk pemilihan Presiden RI.

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa pengalaman pelaksanaan pemilu legislatif pada 5 tahun sebelumnya, rata-rata perhitungan suara baru selesai pada malam hari, bahkan ada yang baru selesai pada pagi hari. Sungguh beban yang sangat berat untuk para Anggota KPPS ini.

Dengan beratnya beban yang harus ditanggung oleh anggota KPPS dalam kegiatan pemilu kali ini, kami merasa sangat wajar jika honor KPPS di naikkan. Uang honor sebesar 500 ribu rupiah tidak lah cukup untuk menebus lelah mereka selama 24 jam penuh bekerja tanpa istirahat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel