Tugas dan Fungsi ANRI

Kali ini kita akan membahas tugas dan fungsi Anri. ANRI adalah kependekan dari Arsip Negara Republik Indonesia. ANRI Merupakan lembaga kearsipan yang ada di negara kita Indonesia.

Tugas dan Fungsi ANRI


Sebelum kita membahas tentang tugas pokok dan fungsi ANRI, terlebih dahulu kita akan membahas tentang sejarah ANRI.

Secara de facto, ANRI sudah berdiri sejak 28 Januari 1892, ketika Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Landarchief. Pada tanggal tersebut dikukuhkan pula jabatan landarchivaris yang bertanggungjawab memelihara arsip-arsip pada masa VOC hingga masa pemerintahan Hindia Belanda untuk kepentingan administrasi dan ilmu pengetahuan, serta membantu kelancaran pelaksanaan pemerintahan. Adapun landarchivaris pertama yaitu Mr. Jacob Anne van der Chijs yang menjabat sampai dengan tahun 1905. Kemudian sebagai penggantinya adalah Dr. F. de Haan, yang bertugas dari tahun 1905 sampai dengan tahun 1992. Dimana selama dia menjabat, banyak sekali membuat karya-karya dalam bidang kearsipan yang kemudian hari banyak dipakai sebagai referensi bagi ahli-ahli sejarah Indonesia.

Secara yuridis, ANRI dimulai sejak diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Walaupun demikian, tidak bisa kita pungkiri bahwa keberadaan dan perkembangan Arsip Nasional RI merupakan hasil dari pengalaman kegiatan dan organisasi kearsipan pada masa pemerintahan Kolonial Belanda dan produk-produk kearsipannya. Setelah Indonesia merdeka, lembaga kearsipan diambil alih oleh pemerintah Republik Indonesia dan ditempatkan pada lingkungan Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan. ANRI kemudian diberi nama Arsip Negeri. Keberadaan Arsip Negeri ini berlangsung sampai dengan pertengahan tahun 1947, yaitu ketika pemerintah NICA datang ke Indonesia untuk melakukan agresi militer.

Kemudian Tahun 1967 ANRI ditetapkan sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden berdasarkan Keputusan Presiden 228/1967 tanggal 2 Desember 1967.

Tugas ANRI

ANRI memiliki tugas Melaksanakan tugas pemerintahan di bidang kearsipan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Fungsi ANRI

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, ANRI memiliki funsi sebagai berikut :
  1. Pengkajian dn penyusunan kebijakan nasional di bidang kearsipan;
  2. Koordinasi kegiatan fungsional dalm pelaksanaan tugas lembaga;
  3. Fasilitasi dn pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang kearsipan;
  4. Penyelenggaraan pembinaan dn pelayanan administrasi umum dibidang perencanaan umum, ketatausahaan, kehumasan, hukum, organisasi dn tata laksana, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dn rumah tangga, persandian, serta kearsipan;
  5. Penyelenggaraan pembinaan di bidang kearsipan nasional;
  6. Pelindungan, penyelamatan dn pengelolaan arsip statis berskala nasional;
  7. Penyelenggaraan sistem dn jaringan informasi kearsipan nasional;

Kewenangan ANRI

ANRI memiliki kewenangan sebagai berikut:
  1. Penyusunan rencana nasional secara makro di kearsipan;
  2. Penetapan dn penyelenggaraan kearsipan nasional untuk mendukung pembangunan secara makro;
  3. Penetapan sistem informasi di bidang kearsipan;
  4. Kewenangan lain yang melekat dan telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu:
            -   Perumusan dn pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang kearsipan;
            -   Penyelamatan serta pelestarian arsip dn pemanfaatan naskah sumber arsip.
 
Demikianlah tugas dan fungsi Anri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel