Tugas Dan Fungsi Kepala Desa

Tugas dan Fungsi Kepala Desa sudah diatur didalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa. Untuk Tugas Kepala Desa diatur dalam pasal 6 Ayat 2 dan untuk fungsi Kepala Desa Diatur dalam pasl 6 Ayat 3.

Tugas Dan Fungsi Kepala Desa

Tugas Kepala Desa

Sebelum membahas tentang tugas Kepala Desa, terlebih dahulu kita mengetahui kedudukan Kepala Desa. Kepala Desa Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah di Desa yang memimpin jalannya Pemerintahan di Desa.

Berdasarkan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 pasal 6 Ayat 2 disebutkan bahwa Kepala Desa mempunyai tugas untuk menyelenggarakan Pemerintahan di Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan melakukan pemberdayaan masyarakat.

Fungsi Kepala Desa

Berdasarkan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 pasal 6 Ayat 3 disebutkan bahwa Kepala Desa memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. menyelenggarakan Pemerintahan di Desa, seperti tata Pemerintahan, penetapan peraturan desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan terhadap masyarakat, administrasi kependudukan serta penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana di desa, pembangunan bidang pendidikan dan juga bidang kesehatan.
  3. pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan dan ketenagakerjaan.
  4. pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  5. menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya

Demikianlah Tugas dan Fungsi Kepala Desa Sesuai dengan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel