Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pengawas TPS

Tugas Pengawas TPS diatur di dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam pasal 114 mengatur tentang Tugas Pengawas TPS, Pasal 115 Mengatur tentang wewenang Pengawas TPS dan pasal 116 mengatur tentang kewajiban Pengawas TPS. Gaji Pengawas TPS.

Tugas Pengawas TPS

Tugas Pengawas TPS

Dalam Pasal 114 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan bahwa  Pengawas TPS mempunyai tugas sebagai berikut:
  1. Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara;
  2. Pengawas TPS bertugas mengawasi pelaksanaan pemungutan suara;
  3. Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan penghitungan suara;
  4. Pengawas TPS bertugas mengawasi pelaksanaan penghitungan suara; dan
  5. Pengawas TPS bertugas mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara ke Panitia Pemungutan Suara.

Wewenang Pengawas TPS

Dalam Pasal 115 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan bahwa  Pengawas TPS mempunyai wewenang sebagai berikut:
  1. Pengawas TPS berwenang untuk menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara;
  2. Pengawas TPS berwenang untuk menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara; dan
  3. melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kewajiban Pengawas TPS

Dalam Pasal 116 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan bahwa  Pengawas TPS mempunyai Kewajiban sebagai berikut:
  1. Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa; dan
  2. Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa.

Demikianlah Tugas, wewenang dan kewajiban Pengawas TPS berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Aamiin.
Bang Farin
Bang Farin Belajar itu tidak pernah mengenal akhir. Semakin belajar, ternyata semakin banyak yang belum saya ketahui. Semakin belajar, semakin saya merasa ketinggalan. Ngeblog, sebuah sarana bagi saya untuk berbagi kepada semua orang tentang hal-hal yang semoga bermanfaat bagi pembaca.