Tugas Sekretariat PPS

Tugas Sekretariat PPS diatur didalam PKPU RI (Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia) Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Dan Tata Kerja PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) Dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Tugas Sekretariat PPS

Berdasarkan Pasal 69 PKPU Nomor 3 Tahun 2018 disebutkan bahwa didalam melaksanakan tugasnya, Panitia Pemungutan Suara dibantu oleh sekretariat yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Panitia Pemungutan Suara yang berasal dari pegawai kelurahan/desa atau biasanya disebut dengan perangkat desa.

Sekretariat PPS berjumlah 3 orang yang terdiri dari Sekretaris, Staf Sekretariat urusan tata usaha, keuangan, dan logistik, dan Staf Sekretariat urusan teknis penyelenggaraan. Dalam hal pelaksanaan tugas-tugasnya, sekretaris PPS bertanggungjawab kepada PPS melalui ketua PPS. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian tugas Sekretaris PPS beserta Staf sekretariat PPS.

Tugas Sekretaris PPS adalah sebagai berikut:
1. membantu pelaksanaan tugas Panitia Pemungutan Suara;
2. memimpin dan mengawasi kegiatan Sekretariat Panitia Pemungutan Suara;
3. melaksanakan tugas yang ditentukan oleh Panitia Pemungutan Suara;
4. memberikan masukan atau pendapat dan saran kepada Ketua Panitia Pemungutan Suara.

Selanjutnya Staf Sekretariat Panitia Pemungutan Suara urusan Teknis Penyelenggaraan mempunyai tugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Pemilu.

Dan untuk Staf sekretariat urusan tata usaha, keuangan dn logistik Pemilu mempunyai tugas menyiapkan semua urusan tata usaha, pembiayaan, administrasi Panitia Pemungutan Suara dan pertanggungjawaban keuangan, dan menyimpan bukti kas pembiayaan Pemilu untuk kegiatan Panitia Pemungutan Suara, dan menyiapkan perlengkapan Pemilu beserta kelengkapan administrasinya.

Dalam Hal pelaksanaan tugas-tugasnya, dua orang staf sekretariat bertanggungjawab langsung kepada Sekretaris Panitia Pemungutan Suara.

Demikian tugas Sekretariat PPS sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2018. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel