Tupoksi Bendahara Pengeluaran

Kali ini kami akan menguraikan tentang tugas pokok dan fungsi / Tupoksi Bendahara Pengeluaran. Bendahara pengeluaran merupakan jabatan yang sangat strategis dan penting dalam sebuah organisasi. Baik itu organisasi pemerintah maupun swasta. Pemegang bendahara merupakan orang kepercayaan dari pimpinan sebuah organisasi. Adapun Tupoksi Bendahara Pengeluaran serta Uraian Tugas Bendahara Pengeluaran adalah sebagai berikut:

Uraian Tugas Bendahara Pengeluaran


  1. Mempelajari peraturan yang berhubungan dengan tugas-tugas sebagai bendahara pengeluaran yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan tugas perbendaharaan. 
  2. Mempelajari DPA dan Petunjuk Operasional (PO) agar dapat mengetahui macam dan jumlah kegiatan untuk tahun anggaran yang bersangkutan. 
  3. Membuat dan mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) untuk mendapatkan SP2D baik SP2D GO maupun SP2D LS. 
  4. Menyetorkan sejumlah uang yang sesuai dengan SPMU dan menyelesaikan Surat Perintah Membayar Uang (SPMU) atau Giro ke Bank tepat pada waktu yang telah ditentukan. 
  5. Menerima, membukukan dan menyimpan uang yang diterima dari Bank, Kas Negara atau tagihan dari pihak lain untuk menjaga keamanan uang. 
  6. Membayarkan uang sesuai dengan mata anggaran dan ketentuan yang berlaku atas persetujuan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) / Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). 
  7. Membukukan penerimaan dan pengeluaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  8. Menyetorkan pajak ke Kas Negara seperti pajak Pendapatan dan PPH sesuai dengan ketentuan.
  9. Membukukan semua penerimaan dan pengeluaran anggaran belanja rutin untuk Tertib administrasi.
  10. Menyimpan semua bukti penerimaan dan pengeluaran serta pertanggung jawabannya sebagai tanda bukti untuk pemeriksa keuangan apabila sewaktu-waktu ada pemeriksaan.
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis.


Demikianlah Uraian Tugas Bendahara Pengeluaran yang ada pada instansi pemerintah dan instansi publik serta instansi swasta lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel