Tugas Dan Fungsi Perwakilan Konsuler

Kali ini kita akan membahas tentang Tugas dan Fungsi Perwakilan Konsuler. Namun selum kita membahas hal tersebut, terlebih dahulu kita mengenal apa itu perwakilan konsuler.

Tugas Dan Fungsi Perwakilan Konsuler


Perwakilan Republik Indonesia diluar negeri ada dua macam yaitu perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler. Dua macam perwakilan tersebut baik itu perwakilan Diplomati maupun perwakilan konsuler sama-sama secara resmi mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara, dan pemerintah Republik Indonesia secara keseluruhan di negara penerima atau pada organisasi Internasional.

Selanjutnya yang disebut dengan Perwakilan Konsuler adalah Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan Konsulat Republik Indonesia yang melakukan kegiatan konsuler di wilayah kerja di dalam wilayah negara penerima untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara, dan pemerintah Republik Indonesia.  

Konsul Jenderal dan Konsul yang memimpin Perwakilan Konsuler adalah Jabatan Negeri yang diisi oleh Pejabat Dinas Luar Negeri dan/atau Pegawai Negeri lain yang memenuhi syarat, diangkat oleh Presiden atas usul Menteri Luar Negeri untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara, dan pemerintah Republik Indonesia di satu wilayah kerja atau lebih di dalam wilayah negara penerima.  

Kuasa Usaha Tetap adalah Pejabat Dinas Luar Negeri yang diakreditasikan kepada Menteri Luar Negeri Negara Penerima untuk memimpin perwakilan diplomatik. 

Pejabat Konsuler kemudian disebut sebagai pejabat Diplomatik merupakan Pejabat Dinas Luar Negeri yang melaksanakan kegiatan konsuler untuk memperjuangkan kepentingan bangsa, negara, dan pemerintah Republik Indonesia di negara penerima atau pada organisasi Internasional.

Tugas Perwakilan Konsuler

Perwakilan konsuler mempunyai tugas pokok untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara, dan pemerintah Republik Indonesia serta mempunyai tugas untuk melindungi kepentingan warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia melalui pelaksanaan hubungan kekonsuleran dengan negara penerima, termasuk peningkatan hubungan ekonomi, sosial dan budaya sesuai dengan kebijakan politik dan hubungan luar negeri pemerintah Republik Indonesia, peraturan perundang-undangan nasional, hukum Internasional dan kebiasaan Internasional. 

Fungsi Perwakilan Konsuler

Fungsi Perwakilan konsuler mempunyai fungsi sebagai berikut: 
  1. perlindungan terhadap kepentingan warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia di wilayah kerja dalam wilayah negara penerima;  
  2. pemberian bimbingan dan pengayoman terhadap warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia di wilayah negara penerima;  
  3. konsuler dan protokol;  
  4. peningkatan hubungan perekonomian, perdagangan, perhubungan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan;  
  5. pengamatan, penilaian, dan pelaporan mengenai kondisi dan perkembangan di wilayah kerja dalam wilayah negara penerima;  
  6. kegiatan manajemen kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pengamanan internal perwakilan, komunikasi dan persandian;  
  7. fungsi-fungsi lain sesuai dengan hukum dan praktik Internasional



Demikianlah Tugas Dan Fungsi Perwakilan Konsuler Republik Indonesia. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel