Tugas Customer Service Lengkap dengan Pengertian dan Tujuan CS

Kai ini tugaspokok.com akan berbagi tentang tugas customer service. Namun selain membahas tentang tugas customer service, kita juga akan membahas tentang pengertian customer service,  tujuan customer service, Fungsi  customer service dan Peranan customer service. Dalam hal tugas cuctomer service, akan kami jelaskan secara umum yang juga meliputi tugas customer service rumah sakit, tugas customer service telkomsel, tugas customer service di bandara, tugas customer service attendant gramedia, tugas customer service di pertamina, tugas customer service menurut para ahli dan tugas customer service representative.

Tugas Customer Service


Sebelumnya kita sudah membahas tentang tugas forntliner. Dimana salah satu unsur petugas Frontliner pada sebuah perusahaan khususnya Bank adalah seorang Customer Service. Baiklah kita akan mulai dengan pengertian customer service.

Pengertian Customer Service

Secara Garis Besar, pengertian customer service adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dengan tujuan untuk dapat memberikan kepuasan kepada nasabah melalui pelayanan yang diberikan seseorang. Artinya setiap customer service harus melayani segala keperluan nasabah secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi dengan nasabah. Seorang yang bekerja sebagai Customer service harus mempunyai keahlian didalam mencari jalan keluar agar dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh nasabahnya.

Customer service mempunyai peran yang sangat penting dalam hal pelayanan terhadap nasabah. Customer service bank dalam melayani nasabah harus selalu berusaha menarik dengan cara merayu calon nasabahnya agar tertarik para produk bank yang ditawarkan. 

Kasmir didalam bukunya yang berjudul Etika Customer Service menyebutkan bahwa pengertian Customer Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan nasabah melalui pelayanan yang diberikan seseorang. Jadi pada intinya adalah tugas dari Customer Service adalah melayani nasabah secara baik. Pelayanan prima yang diberikan untuk mendengar keluhan serta masalah yang dialami oleh nasabah. Tidak hanya mendengar saja, diwajibkan bahwa seorang Customer Service harus mampu memberikan solusi atau mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh nasabah.

Seorang Customer Service memegang peranan sangat penting disamping memberikan pelayanan juga sebagai pembina hubungan dengan masyarakat atau public relation. Dalam melayani para nasabah, seorang Customer Service bank harus selalu berupaya agar bisa menarik calon nasabah dengan cara merayu para calon nasabah agar menjadi nasabah bank yang bersangkutan dengan berbagai cara. Customer Service juga harus dapat menjaga nasabah lama agar tetap menjadi nasabah bank. Oleh karena itu, tugas-ugas yang diemban oleh para Customer Service merupakan tulang punggung kegiatan operasional dalam dunia perbankan.

Peranan Customer Service

Peranan Customer Service sangatlah penting didunia perbankan. Dalam dunia perbankan, tugas utama Customer Service adalah memberikan pelayanan prima dan membina hubungan yang baik dengan masyarakat. Cara yang digunakan oleh Customer Service untuk menarik nasabah sangatlah banyak. 

Customer Service bank berusaha untuk menarik nasabah baru dengan pelayanan prima atau pelayanan yang memuaskan. Tidak hanya menarik nasabah baru, tetapi membuat nasabah lama menjadi lebih aman dan nyaman dengan kinerja serta pelayanan dari Customer Service. Maka dari itu kemajuan bank sangat tergantung oleh Customer Service, karena Customer Service yang membuat nasabah tersebut tertarik dengan produk dan pelayanannya. 

Kasmir didalam bukunya yang berjudul Etika Customer Service menjelaskan tentang peranan Customer Service secara umum yaitu sebagai berikut:
  1. Customer Service harus mampu Mempertahankan nasabah lama agar tetap setia menjadi nasabah bank kita melalui pembinaan hubungan yang lebih akrab dengan nasabah.
  2. Customer Service harus Berusaha untuk mendapatkan nasabah baru, melalui berbagai pendekatan. Misal dengan meyakinkan melalui produk-produk yang ada.


Fungsi dan Tugas Customer Service

Seorang Customer Service harus mengerti dan memahami fungsi dan tugasnya. Fungsi dan tugas Customer Service harus dapat diterapkan sesuai dengan apa yang telah dipelajari oleh Customer Service. Tidak hanya diterapkan saja, tetapi Customer Service harus dapat bertanggung jawab atas fungsi dan tugas yang dilakukannya.

Fungsi dan tugas Customer Service harus dapat dipahami dengan baik, agar dapat melayani nasabah secara optimal. Jika optimal maka nasabah akan merasa puas dengan pelayanannya.

Dalam buku Etika Customer Service (Kasmir, tahun 2008 : 182), tugas sekaligus fungsi Customer Service adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Receptionist

Seorang Customer Service berfungsi sebagai penerima tamu yang datang, baik nasabah baru maupun nasabah lama.

2. Sebagai Deskman

Seorang Customer Service berfungsi sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah.

3. Sebagai Salesman

Customer Service berfungsi sebagai orang yang menjual produk perbankan sekaligus sebagai pelaksana cross selling.

4. Sebagai Customer Relation

Berfungsi sebagai orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap bertahan dan tidak lari dari bank yang bersangkutan apabila menghadapi masalah.

5. Sebagai Komunikator

Customer Service berfungsi sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah.

Demikianlah Tugas Customer Service lengkap dengan pengertian dan lain sebagainya. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel