Tugas Frontliner

Kali ini kita akan membahas tentang Tugas fontliner. Tugas Frontliner yang akan kami jelaskan berikut ini mencakup juga tugas frontliner kantor pos, tugas frontliner di toko hp, tugas frontliner konter hp, dan tugas frontliner bpjs. Selain itu juga akan kami jelaskan tentang pengertian frontliner menurut para ahli.

Tugas Frontliner


Sebelum kita membahas tentang Tugas Frontliner, terlebih dahulu kita akan membahas tentang pengertian Frontliner.

Pengertian Frontliner Menurut Para Ahli


Frontliner adalah sebuah kategori pekerjaan dalam suatu perusahaan perbankan dan jasa jasa lainnya. Secara umum frontliner bertugas untuk melayani konsumen / nasabah secara langsung.

Front Liner adalah barisan paling depan yang berperan dalam aktifitas utama disebuah banak dan merupakan staf yang langsung berhubungan dengan nasabah. Penempatan staf front liner akan menciptakan kesan pertama yang baik atau buruk terhadap suatu bank. Kebanyak frontliner terdiri dari customer service, teller, dan security. 

Tarmoezi (2000) mengatakan frontliner adalah barisan bagian paling depan yang merupakan aktifitas utama di depan, dan terdapat staf-staf yang melakukan kontak langsung dengan tamu (guest contact) tersebut. Untuk penempatan staf-staf di bagian depan harus selektif, karena mereka yang nantinya menciptakan kesan pertama (first impression) bagi para tamu tersebut.

Jika dikaitkan dengan dunia perbankan, dapat dikatakan bahwa frotnliner adalah barisan paling depan yang berperan dalam aktifitas utama di sebuah bank dan merupakan staf yang berhubungan langsung dengan nasabah. Penempatan staf frontliner akan menciptakan kesan pertama yang baik atau buruk terhadap suatu bank.

Fungsi Frontliner

Selain bertugas pada garis terdepan yang secara langsung berhadapan dengan nasabah, frontliner juga harus ikut sebagai pemasar dan bertanggung jawab dalam pemasaran produk perusahaan, yang mana dalam prakteknya memiliki fungsi sebagai:

Resepsionis

Dalam hal ini frontliner menerima tamu dan melayani nasabah danmemberikan informasi yang diinginkan oleh nasabah.

Salesman

Dalam hal ini frontliner bertugas sebagai salesman bertugas menjual produk perbankan kepada seluruh nasabah.

Customer Relationship Officer

Frontliner juga bertugas menjaga hubungan baik dengan nasabah agar kedekatan tercipta dan kepuasan akan terbentuk.

Deskman

Artinya sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan oleh nasabah dan calon nasabah.

Komunikator

Artinya sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan atara bank dengan nasabah.

Peranan Frontliner

Adapun peranan petugas front liner adalah sebagai berikut :
  1. Customer Service : petugas bank yang bertanggung jawab atas pelaksanaan fungsi pembukaan rekening, penutupan rekening, pencairan deposito, serta penyediaan informasi kepada nasabah.
  2. Teller : petugas bank yang bertanggung jawab dalam memberikan jasa layanan terhadap para nasabah atas transaksi tunai maupun non tunai.
  3. Security : petugas bank yang bertanggung jawab atas keamanan bank, selain itu security juga bisa membantu nasabah dalam penulisan slip serta penyedia informasi kepada nasabah.


Customer Service

Dalam literature manajemen dijumpai setidaknya empat lingkup definisi konsep service yaitu sebagai berikut:
  1. Pertama service menggambarkan sebagai sub-sektor dalam kategorisasi aktivitas ekonomi, seperti transportasi, finansial dan lain-lain. Dengan kata lain lingkungan adalah industri. 
  2. Kedua service dipandang sebagai produk intangible yang hasilnya lebih berupa aktivitas ketimbang objek fisik, meskipun dalam kenyataannya bisa saja produk fisik di batalkan, jadi dalam hal ini lingkungan adalah tawaran produk. 
  3. Ketiga, service merefleksikan proses, yang mencangkup penyampaian produk utama, interaksi personal, kinerja dalam arti luas serta pengalaman layanan ke empat, service juga dipandang sebagai sistem yang terdiri atas dua komponen utama, ialah service operation yang berapa kali tidak tampak atau tidak diketahui pelanggan.


Teller

Seorang teller bank yaitu karyawan sebuah bank yang berafiliasi pribadi dengan sebagian besar pelanggan. Pada beberapa tempat, seornag teller juga dikenal sebagai seorang kasir atau perwakilan pelanggan. Pekerjaan teller membutuhkan pengalaman yang erkaitan dengan penanganan uang tunai. Sebagian besar bank memperlihatkan training onthe job untuk training menjadi seorang teller ini. Teller dianggap sebagai "garis depan" dalam bisnis perbankan alasannya yaitu mereka yaitu orang-orang pertama yang berkaitan pribadi dengan pelanggan bank.

Security atau Satpam

Security atau satpam merupakan satuan kelompok petugas yang di bentuk oleh instansi/ proyek/ tubuh perjuangan untuk melaksanakan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan di lingkungan kerjanya.
Untuk lebih jelasnya tentang Tugas Satpam dapat lihat artikel ini : Tugas Pokok Satpam


Demikianlah Tugas Frontliner. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel