Tugas BellBoy

Kali ini tugaspokok.com akan menjabarkan tentang Tugas Bellboy.  Bellboy merupakan salah satu bagian dalam front office department. Bellboy biasa juga dipanggil dengan sebutan porter. Selain menjelaskan Tugas Bellboy, kami juga akan menjelaskan tentang Pengertian Bellboy menurut para ahli.

Tugas BellBoy


Sebelum kita melanjutkan pada uraian tugas Bellboy, terlebih dahulu kami akan mnejelaskan tentang pengertian Bellboy.

Pengertian Bellboy

Bellboy adalah petugas yang menangani barang bawaan tamu. Istilah lainnya adalah ell Man. (Soenarno, 2006 : 405). Sebagai garda paling terdepan tentunya peranan Bellboy sangat penting untuk kelancaran kerja dalam melayani tamu hotel. Adapun peranan bellboy yaitu mempunyai hak dan kewajiban dalam tugas dan tanggung iawab yang harus dikerjakan untuk melayani tamu. 

Karena itu dalam melakukan pelayanan harus penuh dengan tanggung jawab dan keramah-tamahan. Salah satunya tanggungjawabnya adalah membawa barang tamu yang datang ataupun pulang dari sebuah hotel.

Tugas Bellboy

Tugas Bellboy adalah sebagai berikut :
  1. Bell boy mempunyai tugas untuk membawakan barang bawaan tamu pada saat check in. Barang bawa langsung menuju ke meja pendaftaran (reception/regristation counter). Sementara itu, ia menunggu tamu yang sedang melaksanakan pendaftaran untuk mendapatkan sewa kamar. 
  2. Selesai tamu mendaftar, barang-barang tamu diantarkan sampai ke kamar. 
  3. Ia mendahului tamu, membukakan lift, dan mempersilahkan tamu masuk terlebih dahulu. Demikian juga ketika tamu hendak keluar dari lift, maka tamu harus dipersilahkan keluar lebih dahulu, baru kemudian diikuti oleh Bellboy.
  4. Selanjutnya, petugas pengantar ini langsung menuju kamar yang akan ditempati, Bell boy harus membukakan pintu kamar tamu kemudian mengecek keadaan semua kamar, AC, lampu dan lain-lain. Apakah semua nya sudah beres apa belum.
  5. Setelah selesai tugas, bell boy mencatat pada errand card dan mengisi laporan pada check in dan report: waktu, nomor kamar, jumlah barang dan tanda tangan petugas yang membawa barang. 
  6. Apabila bell boy mendapat order atau perintah tamu check-out cardnya sudah diisi nomor kamar, waktu check-out, dan nama petugas yang membawa barang (bell boy), kartu tersebut digantungkan pada door knob (pegangan pintu).
  7. Setelah barang di bawah turun ke lobi maka bell boy yang bersangkutan mengecek pada kasir kantor depan, apakah tamu tersebut sudah menyelesaikan pembayaran atau belum. Biasanya, apabila tamu belum menyelesaikan pembayaran maka tamu tersebut turun ke lobi langsung membayar ke kasir kantor depan.
  8. Selanjutnya, barang-barang tamu tersebut di bawa sesuai dengan permintaan tamu: dinaikkan ke mobil/taksi, disimpan di porter room, atau disimpan sementara karena tamu masih ada keperluan lain. Misalnya, tamu makan dahulu atau ada keperluan ke bank. Bilamana tamu melakukan check-out langsung maka barang dinaikkan ke mobil. 
  9. Bell boy harus memberitahukan jumlah barang dan mempersilahkan tamunya untuk mengecek kelengkapan jumlah barang. 
  10. Bell boy selanjutnya mengisi check-out report, nomor kamar, waktu check-out, jumlah, dan tanda tangan.


Demikianlah tugas Bellboy yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita dan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel