Tugas Chief Concierge

Kali ini tugaspokok.com akan berbagi tentang tugas chief concierge. Chief Concierge merupakan salah satu bagian dalam concierge dan juga termasuk dalam petugas front office.

Tugas Chief Concierge


Porter sering juga disebut Concierge atau Uniformed Service. Pada hakekatnya fungsi bagian ini mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama hanya berbeda istilahnya. Pada organisasi hotel besar yang memiliki jumlah kamar lebih dari 300 kamar dan memilki sistem pelayanan yang spesifik, maka organisasi bagian Concierge atau Uniformed Service merupakan suatu bagian yang berdiri sendiri sebagai sebuah departemen tersendiri. 

Pada hotel sedang hotel sedang ataupun pada hotel menengah, bagian concierge ini merupakan salah satu seksi dari Departemen Front Office. Sedangkan pada yang hotel kecil, bagian porter atau concierge biasanya merupakan sub seksi dari seksi Penerima Tamu (Reception).

Masing-masing organisasi bagian porter / concierge / uniformed service berbeda-beda berdasakan ukuran hotel dan spesifikasi pelayanan dan pekerjaannya.seksi dipimpin oleh seorang chief concierge dan dibantu oleh asisten chief concierge / bell captain. Jabatan tersebut membawahi bell boy dan doorman. Pelayanan koper tamu atau barang-barang tamu terlihat sangat mudah dan sederhana, padahal apabila kita memperhatikan dengan sungguh-sungguh maka pekerjaan tersebut memerlukan ketelitian.artinya, bellboy atau bell captain tidak asal membawa koper maupun barang tamu.

Chief concierge mempunyai tanggung jawab pada kegiatan pada seksi, seperti : mengkoordinasi, memimpin, dan mengawasi petugas operasional room. Semua itu dilakukan demi kelancaran tugas harian. Ia bertugas membuat jadwal perencanaan untuk bawahan, bertanggung jawab atas barang-barang tamu yang dititipkan di porter room / luggage room. 

Tugas lain dari Chief concierge adalah mengawasi gerak-gerik tamu yang ada di lobi dan sekitarnya; membantu tamu yang mengalami kesulitan di sekitar lobi. Ia juga memeriksa laporan pelayanan barang tamu check-in dan check-out serta menjaga penitipan barang, menangani masalah-masalah yang ada seputar pelayanan barang bawaan tamu, terutama tamu VIP dan grup. Chief concierge juga bertanggung jawab menjaga keamanan barangbarang tamu selama proses check-in dan check out, serta keamana pada penitipan barang di porter room, bertugas mengawasi dan mengevaluasi kerja bawahan dalam melayani tamu membawa barang mereka, mengecek kunci-kunci kamar tamu apabila rombongan akan check out dan juga mengecek kelancaran pelayanan, pengiriman Koran, dan pesan-pesan tamu di kamar, membuat laporan untuk FOM.

Demikianlah tugas Chief concierge. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel