Tugas Concierge

Kali ini tugaspokok.com akan menjelaskan tentang Tugas Concierge secara lengkap dan detail termasuk didalamnya tentang Pengertian Concierge dan Tanggung Jawab Concierge.

Tugas Concierge


Sebelum kita membahas tentang Tugas Concierge, terlebih dahulu kita akan membahas tentang Pengertian Concierge Section berikut ini.

Pengertian Concierge Section

Concierge section merupakan bagian yang sangat penting dalam penanganan barang tamu, dan buka hanya itu saja masih ada tugas lain selain menangani barang bawaan tamu misalnya adalah sebagai pusat informasi, dan masih banyak lagi.

Seperti yang dijelaskan oleh Soenarno (2006:87) yang menjelaskan bahwa “concierge merupakan petugas yang bertugas dibagian informasi, penanganan barang, penyambutan di gerbang hotel, pencarian tamu di hotel, sampai dengan ke masalah penjemputan dan pengantaran”. Kemudian lebih diperjelas oleh Bratayasa (2005:20) yang menyatakan bahwa “concierge sebagai salah satu karyawan di bagian uniformed service concierge bertugas memberikan pelayanan dan rasa keamanan pada saat menangani barang-barang bawaan tamu”.

Dari kedua pengertian diatas dengan demikian dapat disimpulkan bahwa concierge merupakan petugas yang memiliki kewajiban dan tugas dalam menangani dan bertanggung jawab terhadap barang bawaan tamu serta memberikan perasaan nyaman dana man kepada tamu selama ia menginap di hotel.

Dalam kegiatan keseharian sebuah hotel, Peranan Concierge hotel sangat penting dalam proses melayani tamu atau customer. Istilah concierge berasal dari Negara Perancis. Concierge memiliki arti “Keeper of the keys”. Keeper disini maksudnya adalah seorang penjaga atau seorang yang memelihara, di mana sebagai penjaga Concierge menjadi point utama kontak dengan tamu hotel yang mencari gosip dan derma selama mereka tinggal.

Dilihat dari struktur organisasi, posisi concierge tergabung di dalam Front Office department, dimana posisi concierge memiliki peranan dan tanggung jawab sendiri dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Concierge dan front front desk agent merupakan cerminan pelayanan bagi sebuah. Concierge section yakni yang paling pertama dan terakhir dalam menunjukkan pelayanan ketika pertama kali tamu tiba dan ketika meninggalakan hotel, dan dari sini tamu mampu menunjukkan evaluasi mengenai pelayan yang diberikan hotel secara umum.

Seorang concierge memiliki kewajiban untuk memastikan segala kebutuhan dan keperluan tamu agar semua keperlua mereka dapat terpenuhi sehingga setiap tamu yang hadir dan menginap di hotel mendapatkan kesenangan dan kenyamanan selama mereka tinggal. Pelayanan concierge yang diberikan tidak terbatas hanya pada pelayanan atau penyimpanan barang, lebih dari itu seorang concierge harus paham dan mempunyai pengetahuan yang luas mengenai hotel dan local area di luar hotel. Tamu akan tiba dan mendekati concierge dengan membawa pertanyaan, mencari saran dan aneka macam macam undangan solusi masalah.

Tugas dan Tanggung Jawab Concierge

Tamu-tamu yang menginap di hotel pada umumnya adalah mereka yang sedang melakukan perjalanan dan berada jauh dari rumahnya , dengan demikian mereka pasti membawa barang-barang yang diperlukan disamping barang-barang yang mereka peroleh dalam perjalanannya. Hotel sangat berkewajiban untuk menjaga keamanan dan memberi pelayanan terhadap barang barang tamu yang ditangani oleh bagian yang di sebut dengan Concierge section. Dimana tugasnya meliputi:

  1. Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba, pindah kamar dan tamu-tamu berangkat.
  2. Memberikan pelayanan penyampaian surat & pesan.
  3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pelayanan tamu.
  4. Menangani penitipan barang baik dari luar maupun dari dalam.
  5. Sebagai pusat infromasi baik internal maupun eksternal.
  6. Menangani pengantaran dan penjemputan tamu.

Demikianlah Tugas Concierge lengkap yang dapat kami sajikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel