Pengertian, Tugas dan Tanggungjawab Room Attendant Lengkap

Tugas Room Attendant. Kali ini tugas pokok akan membahas tentang tugas dan tanggung jawab Room Attendant serta hubungannya dengan divisi yang lain khususnya di dalam Housekepping departemen. Sebelum kita membahas tugas Room Attendant, terlebih dahulu kita akan membahas tentang Pengertian Room Attendant.

Tugas dan Tanggungjawab Room Attendant Lengkap

Pengertian Room Attendant

Room attendant ( Pramugraha ) ialah petugas Floor section yang menjaga kebersihan , kerapian, keindahan , kenyamanan dan kelengkapan kamar- kamar tamu.

  1. Menurut Agustinus Darsono dalam buku Tata Graha Hotel, Room attendant adalah petugas kamar yang berpenampilan baik dan rapi, meliputi tingkah laku, kejujuran, sopan santun pada tamu , atasan maupun teman sejawat .
  2. Room attendant adalah petugas yang mempersiapkan tempat tidur pada waktu membersihkan kamar .pada waktu tamu masuk ke kamar, pandangan pertama akan ditujukan ke kerapihan tempat tidur. Mereka akan mendapatkan kesan pertama atas keseluruhan hotel hanya dengan melihat kerapihan tempat tidur itu. Itulah sebabnya tempat tidur harus disiapkan serapi mungkin sebelum tamu masuk ke kamarnya.


Tugas Room Attendant

Baik buruknya kamar hotel tergantung dari kualitas Room attendant Hotel tersebut . Untuk itu seorang Room attendant harus memenuhi persyaratan dan kriteria khusus serta harus mentaati peraturan yang berlaku.

Tugas dan tanggung jawab Room Attendant adalah sebagai berikut :
Mengelola kamar yang menjadi tanggung jawabnya (dalam arti yang luas). Baik buruknya kamar sangat tergantung pada Room attendant baik yang berhubungan dengan ketelitian, kerajinan, maupun kualitas. Room attendant yang rajin, teliti dan terampil dalam bekerja akan dapat menghasilkan kamar yang bersih, rapi, lengkap dan nyaman.
a) Melayani tamu
Di dalam memberikan pelayanan kepada para tamu tidak dibatasi waktunya sebab setiap saat tamu dapat meminta pelayanan baik pagi, siang, sore maupun malam hari.

b) Melaksanakan perintah atasan
baik yang terkait dengan tugas sehari-hari seperti membersihkan kamar, menyiapkan kamar kamar yang akan segera ditempati oleh tamu maupun tugas-tugas tambahan untuk perawatan kamar.

c) Menjalin Kerjasama antar Room attendant
Bila ketika sedang bertugas mengetahui ada Room attendant lain yang belum selesai , maka ia harus membantu teman lain yang belum selesai .jika ada Room attendant yang memerlukan tambahan sheet, pillow case, serta towel, ia dapat memperolehnya dari Room attendant yang berlebih serta telah selesai dalam melaaksanakan tugasnya.

d) Menjalin kerjasama dengan seksi seksi lain yang ada di dalam Housekepping departemen 

Hubungan Dengan Linen Section

Semua linen supplies yang digunakan disiapkan dan dipenuhi oleh linen section. Bila Room attendant memerlukan tambahan sheet, pillow case,towel dan lainya ,ia pasti menghubungi linen section untuk mengirimnya
a) Laundry Section
1) Di pagi hari , ketika Room attendant melakukan checking room dan menjumpai ada pakaian tamu yang akan dicuci, Room attendant mengumpulkan nya dan kemudian menghubungi laundry section agar mengambilnya .Bila tamu menelpon sebelum keluar kamar , memberitahu bahwa di dalam kamar ada petugas laundry dapat meminta bantuan Room attendant untuk membukakan pintu kamar
2) Pada siang atau sore hari Room attendant membantu petugas laundry untuk membukakan pintu-pintu kamar tamu untuk mengembalikan pakaian yang sudah bersih dan rapi.
3) Pakaian seragam Room attendant yang kotor juga dicuci Di Laundry Section ini 

b) Dengan Pubilc Area Section
1) Room attendant sering meminta bantuan Houseman (Petugas public area section) untuk making bed bila tugas dan pekerjaan Houseman sudah bisa ditinggalkan.
2) Pada siang atau sore hari, tugas Houseman adalah membersihkan sampah sampah yang ada di Troley serta coridor disekitar area kerja Room attendant
3) Kadang kadang tamu mengehendaki tambahan meja dan kursi untuk mengerjakan tugas-tugasnya di dalam kamar. Room attendant akan meminta bantuan Houseman untuk mengambil dan memasangnya di dalam kamar tersebut.

Tugas-Tugas Room Attendant yang Lain

a. Menjaga keamanan barang barang milik tamu di dalam kamar hotel. Room attendant adalah petugas kamar , yang setiap hari berhubungan dengan barang barang bawaan tamu yang ada didalam kamar. Dengan demikian keamanan barang-barang tersebut menjadi tanggung jawab Room attendant. Jika ada tamu yang kehilangan barang bawaannya didalam kamar , petugas kamar inilah yang pertama-tama akan dimintai konfirmasi.
b. Menjaga keamanan barang milik hotel di dalam kamar semua perlengkapan di dalam kamar harus dijaga jangan sampai rusak atau hilang saat meninggalkan kamar hotel (check out) bila hal ini terjadi Room attendant segera melaporkan nya kepada Front Office Cashier agar tamu dimohon mengembalikan atau membayarnya.

Shift kerja Room attendant

Di dalam tugas sehari hari , Room attendant dibagi menjadi dua shift atau tiga shift ( jam dinas ). Pembagian jam dinas ini didasarkan atas besar kecilnya hotel, banyak sedikitnya karyawan, serta kebijaksanaan manajemen.

Jika jam dinas Room attendant dibagi menjadi dua shift , maka jam dinasnya adalah :
A. Morning Shift ( dinas pagi ) pukul 07.00 - 15.00 WIB
B. Evening Shift ( dinas sore ) pukul 15.00 - 23.00 WIB

Tetapi ada juga morning shift dari pukul 06.00 -14.00 WIB atau jam 08.00 – 16.00 WIB, sedang evening Shift dari pukul 14.00 – 22.00 WIB atau pukul 16.00 – 00.00 WIB.

Jika Room boy dibagi menjadi tiga Shift :
A. Morning Shift , pukul 06.00 -14.00 WIB , 07.00 - 15.00 WIB atau 08.00 -16.00 WIB
B. Evening shift , pukul 14.00 – 22.00 WIB , 15.00 - 23.00 WIB atau 16.00 - 00.00 WIB
C. Night Shift , pukul 22.00 – 06.00 WIB , pukul 23.00 - 07.00 WIB atau 00.00 - 08.00 WIB

Demikianlah tugas Room Attendant, pengertian Room Attendant, Shift kerja Room Attendant dan hubungan Room Attendant dengan divisi atau seksi yang lain. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel