Pengertian Tanggungjawab dan Tugas SPG serta Syarat menjadi SPG

Tugas SPG. SPG adalah sebuah profesi yang bergerak dalam bidang pemasaran atau promosi suatu produk. Tugas Utama SPG adalah Membantu koordinator dan supervisor dalam mengelola dalam mengelola merchandise/barang dagangan di counter (area penjualan). Selain membahas tentang Tugas SPG, disin juga akan membahas tentang Pengertian SPG, Syarat Menjadi SPG dan Tanggung Jawab SPG.

Tugas SPG


Sales Promotion Girl merupakan ujung tombak perusahaan untuk memperkenalkan suatu produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Mereka merupakan tangan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan konsumen. 

SPG diibaratkan sebagai ujung tombak karena memang merekalah yang akan pertama kali melakukan kontak langsung dengan calon pelanggan. SPG juga berperan untuk promosi seperti memberitahukan, mengingatkan dan membujuk pembeli dalam proses pembelian.

Secara umum, usia SPG adalah dalam rentang antara 17 tahun sampai 35 tahun. Latar belakang pendidikan kebanyakan SPG adalah setingkat SMA (Sekolah Menengah Atas). Kebanyakan SPG berasal dari kelas menengah kebawah dilihat dari status sosial-ekonominya.

Pengertian SPG

Sales promotion Girl atau yang biasanya disebut sebagai SPG adalah sebuah profesi yang bergerak didalam bidang pemasaran ataupun bidang promosi suatu produk. Profesi ini biasanya menggunakan wanita yang mempunyai karakter fisik yang menarik harus didukung dengan tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai produk yang dipromosikan dan memiliki keterampilan persuasi yang baik sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Pada hakikatnya SPG juga harus memiliki kemampuan dalam menghafal dan menjelaskan kelebihan produk yang akan dipromosikannya. Untuk menjaga penampilannya maka SPG diwajibkan menjaga penampilan fisiknya seperti wajah dan tubuh agar selalu tampil menarik. Selain penampilan SPG juga harus mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan calon pembeli.

Untuk menjadi SPG yang professional, mereka dituntut memiliki syarat umum yaitu seperti Attitude (sikap) yang baik, mau selalu belajar untuk meningkatkan Knowledge (pengetahuan), dan mau selalu berlatih untuk meningkatkan Skill (keahlian).

Sales Promotion Girl dibedakan menjadi dua kategori yaitu SPG event dan SPG regular, perbedaan tersebut terletak pada sistem kerjanya. SPG event bekerja hanya waktu event yang akan digelar saja, namun berbeda dengan SPG regular mereka telah terikat kontrak dalam jangka waktu tertentu. Namun kedua kategori tersebut memiliki persamaan yaitu diberikan sistem target penjualan.

Syarat Menjadi SPG

Menurut keterangan para informan ada beberapa persyaratan dan kriteria umum dalam perekrutan untuk menjadi sales promotion girl, yaitu diantaranya:
minimum umur 17 tahun, tinggi badan minimum 160 cm, pendidikan terakhir minimum sederajat SMU, berat badan maksimal 56 kg, berpenampilan menarik, berpengalaman sebagai SPG atau punya minat belajar untuk menjadi SPG, mampu berkomunikasi dengan baik, berkepribadian ramah, rajin, ulet, cekatan, inisiatif, rapi dalam berpakaian ataupun penampilan, mau bekerja keras dan bersedia ditempatkan di store/stand sesuai kebutuhan perusahan.

Menurut Carter, kebutuhan perusahaan terhadap tenaga Sales Promotion Girl disesuaikan dengan karakteristik suatu produk yang akan dipasarkan. Seorang SPG harus memiliki tingkat kecerdasan yang mencukupi terutama terhadap pengetahuan produk yang dipromosikan atau dipasarkan selain mempunyai penampilan fisik yang mendukung terhadap karakter produk.

Menurut Raharti, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi atau dimiliki oleh sales promotion girl, yaitu:

Performance

Merupakan tampilan fisik yang dapat diindera dengan menggunakan penglihatan. Jika kita lihat dari sudut pandang ini, performance juga menggambarkan tentang pembawaan seseorang. Pembawaan ini diukur dari penampilan fisik dan dress code.

Communicating Style

Kemampuan berkomunikasi merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang SPG karena melalui komunikasi ini akan mampu tercipta interaksi antara konsumen, SPG, dan produk yang ditawarkan. SPG di tuntut untuk dapat berkomunikasi yang baik saat menjelaskan keunggulan produknya di depan calon pembeli.

Body Language

Lebih mengarah pada gerakan fisik (lemah lembut, lemah gemulai, dan lainnya). Bahasa tubuh pada saat menawarkan sebuah produk dan sentuhan fisik (body touch) merupakan deskripsi dari body language ini. Dengan body language yang tepat sales promotion girl diharapkan mampu menciptakan persepsi yang baik tentang produk yang diiklankan, dan akan diikuti dengan keputusan pembelian.

Profesionalisme seseorang sales promotion girl dapat dinilai dari tiga hal pokok yaitu skill, knowledge dan attitude.
1. Skill
Professionalisme dalam bekerja harus mempunyai skill yang dikuasai oleh sales promotion girl, diantaranya sebagai berikut:

a. Selling
Sales Promotion Girl harus memiliki keahlian menjual, karena makin banyak penjualan artinya makin banyak komisi yang didapatkan SPG. Beberapa produk menerapkan sistem target untuk para SPGnya.

b. Communication Skill
Dalam hal ini komunikasi sangat penting, SPG di tuntut untuk berkomunikasi yang baik saat menjelaskan keunggulan produknya di depan calon custumer. Namun komunikasi disini tidak selalu tentang bicara melainkan komunikasi juga tentang cara mendengarkan, seperti mendengarkan apa yang dikatakan calon pembeli tentang produk yang akan dijual dan mendengarkan keluhan customer tentang produk lain yang pernah membuat customer tersebut kecewa. Mendengarkan tentang apa yang diinginkan oleh customer dari produk yang SPG jual dan memberikan solusi dan alasan mengapa customer harus membeli produk yang ditawarkan oleh SPG.

c. Bahasa Asing
Keahlian dalam menguasai bahasa asing tidak diharuskan kepada SPG, namun jika SPG tersebut menguasai bahasa asing minimal bahasa inggris, akan menjadi nilai plus dalam sebuah promosi.

2. Knowledge
Pengetahuan dalam suatu produk sangat penting dalam profesi seorang sales promotion girl, karena masyarakat lebih melihat bahwa SPG sebagai sarana dalam mempromosikan produk dimana tujuan utamanya untuk lebih memperkenalkan produk kepada konsumen secara langsung. Oleh sebab itu maka sales promotion girl harus paham betul dan menguasai seluk beluk keunggulan dan kelemahan akan produk tersebut agar bisa menjelaskan kepada konsumen secara detail.

3. Attitude
Attitude merupakan sikap, tingkah laku ataupun perilaku seseorang didalam berinteraksi maupun dalam berkomunikasi dengan sesama manusia. Seorang sales promotion girl juga harus memiliki attitude yang baik dalam menjalankan tugasnya terhadap konsumen dan dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang SPG juga bukan hanya harus menjaga sikapnya di dalam area perusahaan atau area penawaran produk saja, tetapi juga harus menjaga sikapnya ketika berada diluar. Apabila ada seorang SPG terlihat mengenakan seragam yang menyimbolkan produk tertentu sedang melakukan perbuatan hal negatif, maka dampaknya akan sampai ke perusahaan dan bisa merusak citra perusahaan.

Seorang sales promotion girl harus pandai berkomunikasi dengan pembeli atau pelanggan (customer) agar ia memberikan respon positif pada produk yang kita tawarkan. Ramah, murah senyum, lembut, sabar, sopan dan menjaga emosi, bahwa itulah karakter dasar yang harus diterapkan pada seorang SPG. Mengapa menjaga emosi juga harus diterapkan dalam attitude karena customer yang akan dihadapi sangat beraneka ragam.

Tugas SPG

Tugas Sales Promotion Girl secara umum adalah menawarkan, mempromosikan, menjual dan memberikan penjelasan tentang produk tersebut. Tugas utama SPG adalah menjadi seseorang yang sanggup dan mampu menarik perhatian pengunjung. Tahapan-tahapan tugas SPG adalah sebagai
berikut:

See

Pengunjung selalu melihat-lihat terlebih dahulu tentang sebah produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Oleh karena itu, seorang SPG sudah menjadi ketentuan bahwa harus memiliki tampilan yang menarik dari segi fisiknya.

Touch

Setelah berhasil menarik perhatian pengunjung untuk datang ke standnya, ini kesempatan bagi SPG untuk memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang barang yang dijualnya dan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat kondisi barang yang ditawarkan.

Feel Different

Pada saat pengunjung sudah mau mendatangi stand dan mau mencoba barang yang ditawarkan, ini waktunya bagi SPG untuk memberikan penjelasan tentang keunggulan dan manfaat barang yang dijualnya kepada pengunjung.
4. Buy
Perpaduan antara daya tarik fisik dan juga kemampuan berkomunikasi seorang SPG dengan pengunjung dalam memberikan penjelasan tentang barang yang dijualnya membuat pengunjung akhirnya mengambil keputusan untuk membeli.

Sedangkan menurut Royan, ada empat poin utama tugas seorang SPG yaitu:

1) Promosi
Pekerjaan paling utama seorang sales promotion girl adalah mempromosikan produknya agar dikenali oleh konsumen.

2) Selling
Jika setelah mempromosikan suatu produk dan konsumen tertarik untuk membeli maka SPG wajib menjual produk tersebut.

3) Merchandising
Selain berpromosi SPG juga memiliki pekerjaan untuk melakukan merchandising. SPG juga harus membuat display produk sedemikian rupa agar terjadi pembelian tak terencana oleh konsumennya. Rancangan display atau tampilan yang menarik agar setiap konsumen yang lewat akan tertarik untuk mendekat. Perusahaan telah menentukan standar penataan produk pajangan yang dapat disesuaikan dengan kondisi di ruang toko. Merchandising penting untuk dilakukan dengan sebaik mungkin agar produk diperhatikan oleh konsumen.

4) Persediaan produk dan rotasi stok
Perusahaan akan menanggung banyak kerugian jika konsumen tidak mendapatkan produk karena barang ternyata tidak ada. Oleh karena itu SPG bertanggung jawab terhadap ketersediaan stok ini sebab jika diabaikan akan menyebabkan berpindahnya konsumen pada pruduk lain.

Tanggung Jawab SPG
a. Mencapai produktivitas kerja yang maksimal.
b. Mencapai target sales.
c. Menjaga tingkat shrinkage (angka kehilangan barang)
d. Memberi informasi yang benar kepada pelanggan secara bijak.
e. Menjaga kebersihan area penjualan dan merchandise.

Demikianlah artikel tentang Tugas SPG, Pengertian SPG, Syarat Menjadi SPG dan Tanggung Jawab SPG.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel