Tugas Teller dan Resiko Teller Bank

Kali in tugaspokok.com akan berbagi tentang Tugas Teller. Selain menjelaskan tentang Tugas Teller, tugaspokok juga akan menjelaskan tentang resiko teller bank, syarat menjadi teller bank, tugas dan wewenang teller. Tugas Teller yang kami jelaskan berikut ini nantinya akan mencakup juga tentang  tugas teller dan customer service bank dan tugas teller koperasi.

Tugas Teller


sebelumnya kita telah membahas tentang tugas fronliner, dimana salah satu unsur fronliner yaitu adalah seorang teller ataupun kasir. Sebelum kita membahas tentang Tugas Fron, terlebih dahulu kita akan membahas tentang Pengertian Teller.

Pengertian Teller

Teller adalah petugas bank yang bertanggung jawab untuk menerima simpanan, mencairkan cek, dan memberikan jasa pelayanan perbankan lain kepada masyarakat, tanda tangan pengesahan kasir diperlukan sebagai tanda sah suatu dokumentransaksi; pada lembaga keuangan, pada umumnya kasir bekerja di belakang geral (counter), pada bank besar telah ditetapkan tugas dan fungsi kasir berdasarkan uraian tugas, misalnya seorang kasir memproses penerima simpanan yang diterima lewat surat, menyimpan, dan mencatat seluruh bukti penyimpanan dan pembayaran dari setiap nasabah. 

Teller juga dapat dikatagorikan sebagai karyawan bank yang bertanggung awab terhadap lalu lintas uang tunai. Teller disebut juga kuasa kas terbatas karena dalam jumlah uang terbatas karyawan tersebut dapat bertindak secara langsung untuk melakukan transaksi, dari suatu rangkaian kerja pelayanan kepada nasabah di counter yang sebagian besar dari proses kerjanya disesuaikan sendiri oleh teller yang bersangkutan, dan rangkaian kerja teller untuk menerima setoran dan pembayaran uang tunai. 

Teller adalah karyawan bank yang bekerja di counter yang mempunyai tugas utama untuk melayani transaksi penerimaan atau pembayaran tunai kepada nasabah. Teller merupakan salah satu jabatan yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan transaksi keuangan tunai dengan nasabah di counter money.

Teller bertugas untuk melayani kegiatan penyetoran dan penarikan uang tunai, pemindah bukuan/penyetoran non-tunai (Rupiah dan Valuta Asing). 
Berdasarkan dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa teller adalah karyawan bank di counter yang mempunyai tugas utama untuk melayani nasabah sepert melayani transaksi penerimaan atau pembayaran tunai menerima simpanan, mencairkan cek, memberikan jasa pelayanan perbankan lain kepada masyarakat, tanda tangan pengesahan kasir diperlukan sebagai tanda sah suatu dokumentransaksi; pada lembaga keuangan dan memiliki tanggung jawab yang besar atas pekerjaannya.

Fungsi Teller

Salah satu Fungsi teller adalah memberikan pelayanan perbankan untuk nasabah dan atau calon nasabah di sebuah Bank. Fungsi teller menjadi sangat krusial karena setiap hari merekalah yang langsung berhadapan dengan nasabah, hal ini tentunya harus di tunjang penampilan yang sempurna setiap saat bagi semua Teller Bank. 

Menurut Kamus Bisnis Bank Teller adalah petugas bank yang secara langsung bertanggungjawab untuk melakukan serangkaian proses transaksi mulai dari menerima simpanan, mencairkan cek, dan memberikan jasa pelayanan perbankan kepada pelanggan. Oleh karena itulah peranan teller sangat penting terhadap reputasi pelayanan sebuah bank, sehubungan dengan sebagian besar nasabah mengunjungi teller untuk bertransaksi, maka bank harus selalu memperhatikan kualitas pelayanan dari teller agar tercapai kepuasan pelanggan. Kualitas layanan yang baik adalah melayani dengan cepat sehingga pelanggan tidak dibiarkan mengantri terlalu lama. 

Tugas Teller

Tugas-tugas seorang teller adalah sebagai berikut ini :
  1. Seorang Teller yang baik harus datang tepat waktu sesuai jam masuk, memastikan semua perlengkapan berfungsi baik(alat penghitung uang, alat pngecek uang palsu bulpen, dsb).
  2. Jika ada nasabah maka harus bersikap ramah, memberi greeting (selamat pagi/siang/sore, mengucapkan terima kasih jika sudah selesai), memberi senyum di awal dan akhir pertemuan.
  3. Jika ada seorang nasabah ataupun calon nasabah yang ingin melakukan setoran/tarik tunai maka seorang teller wajib untuk menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah, melakukan perhitungan uang di depan nasabah
  4. Menerima setoran tabungan nasabah dan membukukannya
  5. Teller memeriksa apakah cara mengisi slip/warkat sudah benar baik pengisian no
  6. Terima dan hitung uang yang disetor nasabah dengan cepat tepat didepan nasabah
  7. Tugas teller selanjutnya adalah membukuan transaksi tersebut kedalam program Olibs pada menu
  8. Siapkan warkat pada printer untuk divalidasi sebagai bukti transaksi
  9. Bubuhkan paraf teller pada warkat dan warkat untuk nasabah diberi stempel bank
  10. Teller harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh nasabahnya
  11. Teller dalam melayani para nasabah selalu berusaha menarik dengan cara menyakinkan para calon nasabah agar nasabah bank yang bersangkutan merasa aman dan nyaman dalam transaksi tunai dan non tunai


Jenis Teller

Dalam penerapan sistem teller terdapat beberapa jenis teller sebagai berikut:

Comporate Teller

Comporate teller adalah yang hanya melaksanakan pembayaran kepada penerima setoran dan nasabah perusahaan.

Individual Account Teller

Jenis teller ini adalah teller yang hanya melaksanakan pembayaran kepada menerima setoran dan nasabah perorangan.

NonCash Teller

Noncash teller adalah teller yang hanya melakukan penerimaan setoran berupa nontunai.

Foreight Exchange Teller

Teller yang hanya melaksanakan pembayaran dan menerima setoran tunai valuta asing.

Local Currency Teller

Teller yang melaksanakan pembayaran dan penerimaan setoran tunai dalam mata uang negara setempat.

Express Teller

Express teller adalah jenis teller yang hanya melakukan pembayaran tunai di bawah nilai nominal tertentu. Dalam hal ini rekening giro nasabah secara otomatis dianggap cukup untuk meliputi cek yang bersangkutan.

Mixed Transaction Teller

Yang melaksanakan segala macam jenis transaksi.

Special Teller

Teller yang hanya melaksanakan pembayaran dan penerimaan setoran dengan nilai nominal yang sangat besar.

Tanggungjawab Teller

Pekerjaan seorang teller sangat berkaitan dengan penerapan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko bank melalui penerapan know your customer (KYC) dan anti money laundring dan perlindungan terhadap hak dan kepentingan nasabah dan konsumen perbankan, khususnya terkait dengan kerahasian data nasabah.
Seorang teller memiliki tanggung jawab diantaranya:
  1. Nasabah yang ingin setor, ambil uang, transfer, dengan teliti dan cepat.
  2. Menjaga kerahasian bank dan nasabah.
  3. Menjaga kebersihan dan kerapian ruang kerja.
  4. Menjaga keamanan alat-alat identitas teller.
  5. Patuh terhadap peraturan perusahaan.


Demikianlah Tugas Teller lengkap dengan pengertian dan lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel