Tugas Waiter Lengkap dari Persiapan Sampai Membersihkan Alat

Tugas Waiter. Waiter merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah restoran. Seorang waiter mempunyai tugas yang sangat penting dalam hal meningkatkan kepuasan pelanggan. Semaikn baik pelayanan yang diberikan oleh waiter, maka semakin puas pelanggan yang datang dan akan berdampak pada semakin banyaknya pengunjung ataupun pembeli yang datang.

Tugas Waiter


Selanjutnya kami akan menjelaskan tugas seorang waiter ataupun waitress secara lengkap dan detail.

Tugas Waiter dan Waitress 

Persiapan (Prepare)

  1. Melihat Working Schedule untuk mengetahui di section mana mereka bekerja.
  2. Waiter dan waitress datang 30 menit sebelumnya untuk mempersiapkan segala sesuatu seperti membersihan dan mempersiapkan semua equipment yang meliputi knife, spoons, plate, napkin, sald and paper, asbak, dan lain-lain.
  3. Mengeluarkan segala peralatan dan meletaknnya di station masing-masing agar lebih mudah dalam men set- up table.
  4. Mengatur posisi table dan langsung melakukan crumbing table agar tampak selalu bersih.
  5. Membagi tugas mereka di masing–masing service ada yang membersihkan cutleries melipat napkin, crumbing table, menyiapkan fasilitas di Buffet untuk mempermudah dan mempercepat pada saat men set up table.
  6. Pelayanan menggunakan sistem Buffet maka pada saat prepare Waiter/waitress harus mempersiapkan segala peralatan Buffet seperti bowl,soup spoons, dinner plate dan lain–lain.
  7. Mempersiapkan segala peralatan yang digunakan dalam menservicetamu yaitu meliputi, cutlery, membersihkan table, mengganti taplaknya(table cloth), menyiapkan kopi dan teh, salt and paper, susu,menyiapkan hot plate, menata Buffet.


Peralatan (Mice en Place)

Yang digunakan oleh Waiter / waitress restaurant pada saat menyiapkan service station untuk mice en place saat breakfast.
  1. Di station para Waiter / waitress di restaurant menyiapkan dan harus tersedia spoons dan forks, tea or coffe cup, saucer, napkin, trash tempat meletakkan piring / gelas kotor side stand. Namun harus ada di service station adalah tea cup disamping coffee house.
  2. Kemudian alat-alat sepeti knife, fork, spoons, harus bersih dan diletakkan didalam drawer.
  3. Waiter / waitress harus meletakkan cangkir kopi / teh dilaci yang lain.
  4. Pemanas kopi / teh harus sudah siap.
  5. Tempat sampah harus diletakkan disamping service station.
  6. Waiter / waitress harus menyiapkan tray di side stand masing-masing guna mengangkat cutlery yang kotor.
  7. Rak menu harus disiapkan disamping kiri service station.


Menutup Meja (Table Set Up)

Adapun hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang Waiter / waitress saat mengatur meja pada saat breakfast adalah sebagai berikut :
a. Sebelum men set – up, Waiter / waitress harus betul-betul yakin bahwa table yang akan di set – up nya sudah bersih.

b. Seluruh peralatan yang sudah bersih kemudian dikeluarkan untuk mengatur meja.

c. Waiter kemudian memilih dan mengumpulkan cutlery-cutlery berdasarkan dengan jenisnya masing-masing agar mempermudah dalam pengaturan meja.

d. Setelah semua catlery siap, Waiter / waitress mulai men set-up table. Adapun bentuk set-up adalah:
  1. Dinner knife dilatakkan di sebelah kanan
  2. Dinner fork diletakkan di sebelah kiri.
  3. Cup diletakkan di sebelah kiri
  4. Napkin folding ditaruh pada diantara dinner knife dan dinner fork.
  5. Dessert spoon letaknya adalah diatas dinner knife dan dinner fork.
  6. Tea spoon diletakkan di atas saucer and coffe or tea cup.
  7. Salt and Paper, vas flower, milk, ashtray diletakkan di atasnya tea and coffe card serta sugar sachet.


Pelayanan (Service)

Setelah melakukan segala persiapan untuk breakfast baik mulai dan prepare, mise en place tiba, saatnya bagi para Waiter / waitress untuk membedakan service pada tamu datang. Langkah awal yang dilakukan Waiter/waitess untuk menyambut tamu dengan greeting pada saat breakfast yaitu :
  1. Bila tamu mulai datang, maka para Waiter/ waitress mendekati tamu tersebut dengan tidak lupa mengucapkan greeting (good morning, good afternoon, good evening ) dengan nada yang sopan dan keep on smile
  2. Waiter / waitress mengetahui nama tamu, maka para Waiter / waitress diharuskan menyapa tamu dengan menyebut nama tamu tersebut. Ini berarti tamu tersebut merasa diperhatikan dan diharapkan kehadirannya.
  3. Setelah itu barulah Waiter / waitress harus mengantar tamu ke meja yang telah sesuai dengan keinginan tamu, bila tamu itu berjumlah satu orang atau lebih maka Waiter / waitress harus mengantarkan tamu tersebut ke meja yang kiranya jumlah kursi sesuai dengan jumlah tamu tersebut.
  4. Menawarkan teh atau kopi tamu kemudian memasangkan napkin pada saat tamu duduk, terlebih dahulu menarik kursi dan mendorong kembali dan didahulukan bagi para tamu perempuan (ledies first) serta membukakan cupnya dan tuangkan.
  5. Menanyakan nomor makanan dengan mencocokan pada form guest list dan bila tamu tersebut hanya makanan saja, tidak termaksuk breakfast maka harus dibuatkan bill.
  6. Para Waiter / waitress mempersiapkan tamu untuk mengambil hidangan Buffet sesuai dengan keinginan tamu.
  7. Waiter / waitress harus mengontrol apa bila ada plate yang kosong, maka segera di Clear up ke stand untuk kemudian di bawa ke dishwasher.
  8. Waiter / waitress harus mengontrol cereal bowl dan juice glass yang ada di meja Buffet, dan sudah berkurang atau lebih maka segeralah untuk mengambinya di dishwasher dan mengelapnya di belakang.
  9. Waiter / waitress harus menyiapkan baby chair apa bila ada tamu yang membawa bayi.
  10. Waiter / waitress melakukan Clear up pada saat tamu tersebut telah selesai makan dan meninggalkan meja, segeralah meng Clear up meja.
  11. Pada saat tamu selesai makan dan meniggalkan restoran, waiter waitress tidak lupa menyapa tamu dengan tetap tersenyum, itu berarti memberikan kesan bahwa kita sering melayaninya.


Membersihkan Alat (Clear – up)

Breakfast dengan cara Buffet, Waiter/waitress harus tetap mengontrol table-table tamu di masing- masig section. Jika ada ditemukan plate, spoon, knife, dan peralatan makan yang lainnya di atas meja tamu yang telah kotor atau telah selesai digunakan, harus di segera dibersihkan dan diletakkan di side stand, agar tidak mengumpul di meja tamu dan tamu tidak merasa terganggu dan bisa menikmati hidangan selajutnya, kemudian Clear up yang sudah penuh di side stand haruslah di bawa ke steward untuk dibersihkan.

Sebelumnya cutlery yang telah kotor yang ada dimeja tamu di Clear up, Waiter / waitress haruslah meminta ijin dengan menyatakan (excuse me, may I take your plate). Bila tamu mengatakan “yes” barulah diambil dan dibawa ke side stand setelah penuh di bawa ke steward stand.

Demikianlah tugas Waiter  secara lengkap dan detail. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel