Tugas Verifikator Keuangan

Tugas Verifikator Keuangan – Salah satu Tugas Pokok Verifikator Keuangan adalah melakukan berifikasi terhadap dokumen keuangan. Verifikator keuangan yang akan saya bahas disini adalah salah satu Jabatan Fungsional yang berada dibawah Kepala Sub Bidang Penatausahaan Perbendaharaan pada Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah.

Tugas Verifikator Keuangan


Adapun untuk lebih jelasnya, berikut uraian tugas Verifikator Keuangan :
  1. Menyusun rencana kerja pengelolaan administrasi SP2D dan SPM sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan sebagai pedoman kerja.
  2. Menyiapkan perangkat administrasi yang menunjang kegiatan pengelolaan SP2D dan SPM sesuai dengan juknis untuk tertib administrasi.
  3. Mendistribusikan formulir informasi jenis-jenis kelengkapan administrasi SP2d dan SPM kepada SKPD atau instansi, unit kerja terkait lainnya sesuai dengan pedoman kerja agar kegiatan berjalan lancar.
  4. Mengumpulkan data dan menyiapkan bahan penyusunan juknis berkenaan dengan pengelolaan administrasi SP2D dan SPM sesuai dengan pedoman kerja agar kegiatan sesuai rencana.
  5. Melakukan penerimaan dan pengolahan DPA/DPAP dan DPAL masing-masing SKPD dan mencatat dalam buku yang sudah ditetapkan agar tertib administrasi.
  6. Menyusun dan membuat SP2D dan SPM untuk kelengkapan pencairan dan mentransfer dana kerekening dimaksud ke Bank operasional yang ditunjuk sesuai dengan juknis agar kegiatan administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Menyusun dan menyiapkan laporan kas posisi harian , mingguan, bulanan dan memfasilitasi pengelolaan gaji SKPD sesuai dengan pedoman kerja untuk kelancaran dan tertib administrasi keuangan.
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas baik secara lisan maupun tertulis sesuai hasil kerja yang diperoleh untuk bahan masukan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  9. Melakukan kegiatan revisi terhadap SPD/ anggaran.
  10. Memverifikasi/meneliti kelengkapan setiap dokumen pengajuan SP2D dari SKPD maupun pihak lain.
  11. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.


Demikianlah Tugas Verifikator Keuangan, semoga bermaanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel